Rabu, 04 April 2012

Tips merebus sayuran agar tetap tampak hijau segar


 Banyak orang kurang suka makan sayur kalau hanya direbus saja , maunya digulai atau ditumis tapi  rebusan sangat baik untuk kesehatan karena kita sudah mengurangi penggunaan minyak atau lemak  yang  kalau kebanyakan bisa menimbulkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.
Sering kita lihat sayur rebus itu kelihatan kuning atau coklat , hal ini juga mengurangi selera kita untuk menyantapnya. Ada cara agar sayur rebus itu tetap kelihatan hijau segar secara alami , yaitu sbb;
       1.cuci bersih sayuran yang telah dipetik atau dipotong potong.
       2.jerang air rebusan  dalam panci atau kuali (air cukup hingga sayuran bisa terendam)
       3. masukkan garam dapur 1 sendok teh.
       4. Bisa juga ditambahkan irisan 1siung bawang merah.seiris jahe dan 1 buah cabai keprok
       5. masukkan sayuran kedalam air yang mendidih dan biarkan panci tertutup. Selama  7 menit
       6. Kemudian  Balik-balik agar matangnya merata  dan tutup lagi pancinya selama 5 menit .
       7.balik lagi biarkan panci terbuka selama 3 menit , lalu angkat pisah kan sayur dengan kuahnya.

Hmm coba deh kamu akan menyukainya.

   Nb : *Jangan sekali kali memasukkan sayuran sebelum air mendidih.

            *Jika merebus daun singkong , sayuran harus benar benar terendam (menggunakan air lebih               banyak dari sayuran lain ),  dan jangan lupa memberi garam sebelum air mendidih jika hal ini                     diabaikan hasilnya akan kurang memuaskankan dan sayuran akan terasa keras.           

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.123cursors.com/freecursors/13571.gif,default }
free counters
Gerakan atau klik mouse anda di gambar
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
saya lahir di kisaran... masa kecil hingga sma saya habiskan di kisaran bersama ibunda, alm ayahanda, abangda, dan adik2 tercinta. saya sma di SMA N 1 Kisaran. kemudian hijarh ke Medan untuk menuntut ilmu (mengambil program D3 bahasa Inggris USU) ygng kemudian Medan adalah menjadi hunian saya hingga saat ini bersama suami dan seorang putri yg saya sayangi